Rabu, 28 Maret 2012

BAB 1

DASAR-DASAR INTERNET

      Internet diciptakan pada tahun 1970-an, Internet terus memikat untuk diekplorasi, digali, serta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi. Selain sangat terkenal diberbagai kalangan, Internet mudah digunakan siapapun, bahkan mereka yang hanya memiliki pengetahuan relatif minim. Internet juga menjadi ajang untuk bergaul yang murah, tempat mencari informasi tentang dunia hiburan, pendidikan, dan lowongan kerja.
     Internet kepanjangan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antar jaringan komputer (network) yang merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas, sedangkan Intranet merupakan sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP.

1.      Web yang berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui internet, web juga bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.
2.       WWW kepanjangan dari World Wide Web yang merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal diseluruh dunia.
3.      Website merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu.
4.      Webpage merupakn bagian dari web site yang merupakan lembaran halaman sebuah web site.
5.      Homepage adalah halaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam web site yang sama atau web site lainnya.
6.      Browser adalah aplikasi diinternet yang dipakai untuk menjelajahi dunia internet.
7.      Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah web site untuk ditampilkan atau disimpan di komputer pengguna.
8.      Upload merupakan pengiriman data dan informasi dari komputer pengguna ke suatu web site.
9.      E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui internet.
10.  URL ( Unuversal Resource Locator) adalah sistem penamaan alamat situs web.
11.  HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarserver komputer dalam internet.
12.  Hub merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat suatu jaringan.
13.  Client adalah komputer pengakses internet, biasanya dipakai oleh pengguna.
14.  Server adalah komputer penyedia data dan informasi yang akan diakses oleh client.
15.  Modem (Modulator Demodulator) merupakan alat yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet.
16.   Keuntungan Internet adalah proses komunikasi akan menjadi lebih lancar karena dapat saling berkukar pesan melalui e-mail atau teleconference  yang digunakan sebagai sarana pertemuan atau rapat.  
17.  Keunggulan internet adalah akses internet tidak dibatasi oleh waktu, artinya setiap waktu kamu dapat mengakses interner karena internet selau online selama 24 jam dalam sehari.
18.  Kelamahan internet adalah adanya penyebaran virus, banyaknya pengguna yang mengakses, cuaca, dan pada jam sibul/kerja.
19.  Satuan kecepatan akses internet juga disebut kbps (kilobits per second) atau  mbps (megabits per second).
20.  Kecepatan Internet : kecepatan komputer pelanggan, kepadatan lalu lintas internet, besar bandwidth yang disewa ISPke Backbone internet, jumlah pengguna yang mengakses server bersamaa, kemampuan dan kecepatan server.  

0 komentar:

Posting Komentar